Cara memoles marmer yang benar

Anda seorang pecinta marmer?

Atau perabotan hingga interior rumah Anda mayoritas berbahan marmer?

 

Namun pemakaian marmer dalam jangka waktu yang panjang menyebabkan marmer terlihat agak kusam.

Ada tips khusus yang mungkin dapat membantu Anda, memoles sekaligus merawat marmer milik Anda.

 

Marmer mengandung kalsium karbonat yang dapat bereaksi ketika dicampur bahan kimia. Untuk itu kita tidak bisa sembarang menggunakan cairan pembersih berbahan kimia untuk memoles dan membersihkan marmer Anda.

 

1. Cukup pastikan marmer yang akan dibersihkan dalam keadaan kering.

2. Gunakan kain lap berbahan lembut, yang dibasuh air hangat

3. usapkan perlahan ke marmer  Anda

 

Meskipun terlihat sederhana, namun cara ini sangat aman, dibandingkan Anda menggunakan pembersih berbahan kimia. karena ini dapat membuat marmer rusak permanen.

 

= semoga bermanfaat. =

 

 

 

 

kami dari Raspari Granitonusa menyediakan berbagai macam jenis marmer dengan corak yang menarik, seperti classic beige, nestos, carrara vogue, cream azul, dll.

 

Sedia batu alam: granit, travertin, marmer, 3D Mozaic, Onyx, Granit nero, granit bakar, pabrik marmer di jakarta, Supplier granit dijakarta

 

 

Contact Information

GALLERY

Jl. Ir. H. Juanda 3 No. 20

Jakarta 10120 – Indonesia

 

 

Telp     :     +62 21 34830634/35

Fax     :     +62 21 34830632

Email     :     gallery@raspari.net

FACTORY

Jln. Raya Tlajung Udik No. 7, Kp. Tlajung RT 001 / RW 003

Kec. Gunung Putri, Kab. Bogor 16962, Indonesia

Telp     :     +62 21 867 0322 / 33

+62 21 867 0873/ 74

Fax     :     +62 21 868 61259 / 60

Email     :     gallery@raspari.net

 

HARGA TSB DIATAS BUKAN MERUPAKAN HARGA PASTI !!

FOR FIXED PRICE, PLEASE CONTACT OUR MARKETING

Posted in Uncategorized | Comments Off

Berbagai jenis Lantai Granit

Begitu banyak pilihan yang kami tawarkan untuk lantai granit rumah Anda. Dengan corak dan warna yang menarik, yang dapat disesuaikan dengan konsep bangunan interior rumah Anda, Raspari Granitonusa sangat memahami keinginan Anda. Berikut koleksi Lantai Granit yang kami miliki. antara … Continue reading

More Galleries | Comments Off

Mau Beli Granit yang bagus, tapi kurang paham!

This gallery contains 3 photos.

Ketika kita diberi kepercayaan untuk menjadi “mandor” dalam suatu proyek bangunan, sudah pasti kita harus paham secara detil mengenai konsep bangunan, pemilihan material, budget, dll. Budget selalu menjadi faktor utamanya. Tetapi terkadang kita dihadapkan oleh situasi dimana, budget harus diminimalizir … Continue reading

More Galleries | Comments Off

Supplier Marmer di Jakarta

This gallery contains 4 photos.

  Jakarta sebagai pusat kota, memiliki beragam bisnis dan budaya didalamnya. Sebut saja bisnis seperti: kuliner, fashion, otomotif, hingga kebutuhan property, dsb. Berbicara bisnis property, hampir separuh dari wilayah Jakarta kita jumpai lahan property berupa komplek rumah tinggal, perkantoran, rukan/ruko, … Continue reading

More Galleries | Comments Off

Kreasi unik Batu alam untuk menghiasi rumah Anda.

Cukup banyak orang yang tertarik menggunakan batu alam untuk kediamannya. Sebagai pagar, dinding, maupun interior rumah. Namun apakah alas an orang-orang tersebut menggunakan batu alam? Tahukah Anda akan kelebihannya? Yap, selain mempercantik rumah Anda, batu alam juga memberikan kesan sejuk … Continue reading

More Galleries | Comments Off

Indonesia Termasuk Negara Penghasil Marmer

This gallery contains 2 photos.

Indonesia memiliki beraneka ragam kekayaan alam, bahkan beberapa di antaranya sudah terkenal sampai ke belahan dunia. dan menjadi salah satu diantara negara penghasil marmer. Buat sebagian orang yang mempunyai hobby mengkoleksi batu alam tentu sudah tidak asing lagi mendengar kata … Continue reading

More Galleries | Comments Off

Travertine on Raspari Gallery

 

Pada dasarnya Travertine mirip dengan Granit dan Marmer, yaitu batuan alami yang mempunyai struktur pola, dan gaya tersendiri. Sama sama terbentuk melalui pembentukan alami bumi selama bertahun tahun lamanya. Bedanya, Travertine terbentuk pada mulut goa goa kapur atau pada sumber mata air mineral terutama mata air panas yang terjadi karena pengendapan kimia alami mineral karbonat.

Travertine juga cocok untuk dijadikan sebagai bahan baku untuk bangunan eksterior maupun interior. Hal ini didukung dengan bentuk motif dan corak dari batu tersebut. Batu ini sering digunakan di Italia, Salah satu contoh dari pengaplikasian batu ini adalah Colosseum di Roma. Bangsa Romawi membangun Colosseum dengan menggunakan Travertine.

Beberapa contoh jenis dan struktur pola dari Travertine,

Misalnya ada LABRADOR TRAVENTINE (gbr)

LINEA TRAVERTINE (gbr),

GREEN PEARL (gbr).

 

Mudah mudahan beberapa contoh diatas cukup menjadi gambaran untuk menentukan pengaplikasian pada bangunan kita.

Untuk perawatan jenis ini cukup mudah asalkan kita bisa menempatkannya pada bagian bangunan yang pas, dan yang paling utama adalah menghindari dari bahan atau zat yang mengandung bahan kimia, Karena jenis ini terbentuk dari bahan kimia alami bumi.  *kent

 

 

 

 

 

Posted in Uncategorized | Comments Off

Granit Sebagai Pilihan Interior dan Eksterior Bangunan

 

Granit/Granite menjadi pilihan utama sebagai bahan baku untuk diaplikasikan ke bangunan, baik interior maupun eksterior.Hal ini sudah berlangsung sejak zaman dahulu, trend ini kembali diangkat di kalangan masyarkat kita, dan membawa pengaruh positif terhadap sentuhan style pada dunia Arsitektur.Terlintas pertanyaan, apa itu Granit/Granite, bgaimana proses terbentuknya, serta pemanfaatannya…?

Secara garis besar granit/granite dalam bahasa latinnya(granum) termasuk jenis batuan beku plutonik yang besar, keras dan kuat. Oleh karena itu granit sering digunakan untuk pekerjaan struktur besar karena kekuatan dan daya tahan tekannya.

Sedangkan proses terbentuknya Batu Granit/granite itu sendiri terjadi dari pembekuan magma yang relatif lebih lambat sehingga mineral-mineral penyusunnya relatif besar.Proses ini terjadi sepanjang waktu,baik di masa lampau maupun masa yang akan datang.

Tidak dapat dipungkiri Granit/Granite memiliki unsur seni dan ciri khas tersendiri dalam pola gaya, tekstur dan warna serta paling fleksibel dan trendi dari semua batu.

bisa dilihat pada contoh gambar dibawah ini :

red juprana

red juprana

 

 

 

 

 

proferry blue

proferry blue

 

paradiso

paradiso

 

 

tiger skin
tiger skin

Beberapa diantaranya bahkan menjadi pilihan untuk dijadikan dinding rumah, lantai, batu hias dan masih sangat banyak lagi yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan Interior maupun Eksterior.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca sekalian, dan bisa dijadikan referensi/acuan dalam pilihan antara perpaduan seni dan membawa kita pada sensasi alami klasik dan modern.  *kent

 

Posted in Uncategorized | Comments Off

Tips merawat marmer

 

 

 

Tips merawat marmer

Ada banyak jenis marmer yang beredar di Indonesia, lokal maupun impor. Yang lokal misalnya marmer Citatah dan Tulungagung. Sedangkan yang impor kebanyakan dari Cina, Itali dan India. Kualitas marmer lokal dan impor relatif sama. Bedanya hanya pada teknik pemotongan/penggosokan, pemilihan bahan baku (makin tua bahan batu cadasnya makin baik produk marmernya) dan varian warna.

Varian warna marmer impor lebih kaya ketimbang lokal. Tapi, dari manapun asalnya, marmer memang oye untuk pelapis lantai atau dinding: keras, awet, indah, megah, kinclong, dan membuat ruangan jadi adem. Makin tua usia marmer makin indah penampilannya asal penempatannya tepat dan perawatan dilakukan berkala. Lihat saja marmer di bangunan-bangunan tempo doeloe.

Merawat marmer harus telaten karena marmer sensitif terhadap perubahan cuaca, bahan kimia dan cairan lain. Karena itu aturan pertama, jangan menggunakan marmer untuk bagian rumah yang sering kena hujan dan panas. Soalnya, kandungan garam dan senyawa lain dalam air hujan bisa membuat marmer di bagian itu buram. Kedua, bila marmer terkena tumpahan kopi, susu, tinta atau bahan kimia segera lap sebelum kering. Ketiga, rawat marmer Anda secara berkala.

PEL DAN POLES

Untuk perawatan harian cukup dengan mengepelnya. Cairan poles marmer untuk keramik boleh dipakai. Tapi, untuk hasil optimal kami sarankan menggunakan cairan pel khusus marmer yang banyak dijual di supermarket.Sebelum dipel bersihkan marmer dari debu dan pasir. Bila masih ada pasir menempel, marmer bisa tergores saat dipel. Untuk itu gunakan kain pel yang lembut. Gunakan cairan pel sesuai porsi yang disarankan di kemasan produk. Biasanya satu tutup botol cairan poles marmer dicampur dengan tiga liter air bersih.   source

Posted in Uncategorized | Comments Off

Mengenal lebih dalam jenis2 marmer (marble)

MEMASANG material marmer pada lantai bisa jadi simbol kemewahan sebuah hunian. Kilau yang timbul dari susunan polanya yang unik benar-benar menggemaskan.

Namun, jangan lupa pada ungkapan ”tak kenal maka tak sayang”. Sebelum memilih menerapkannya pada hunian, mari kita pelajari lebih dalam tentang batu alam ini. Marmer sebenarnya tak hanya bisa dijadikan sebagai material lantai. Aksen dinding, meja sampai kursi juga banyak yang menggunakan batu alam yang merupakan metamorfosis dari batu kapur ini.

Namun, seperti yang Anda tahu, lantai marmer lebih jadi favorit karena selain mewah, juga mampu menurunkan suhu ruangan. Bisa dijadikan alasan untuk hemat energi juga lho!

Sebelum memulai tips dan trik memilih batu yang berasal dari gunung kapur ini, banyak pertanyaan yang timbul seputar marmer. Seperti, kenapa harga marmer mahal dan apa yang membedakan marmer mahal dengan marmer murah?

”Awalnya marmer jadi barang mahal karena ketersediaannya yang langka dan tergantung hasil alam. Sedangkan faktor lain adalah proses pembuatannya yang melewati pemotongan, pemilihan motif yang tergantung jenis sumber daya alamnya, serta finishing akhir pabrikan tersebut,” jelas arsitek Windi Dharmawan.

Untuk pembeda, marmer yang mahal dan murah berasal dari sistem seleksi produsen. Pengelasan ini ditentukan dari pola yang diciptakan serta kelangkaan jenisnya. Walaupun marmer yang kita pakai merupakan hasil produksi dalam negeri, bukan berarti bisa murah. Proses panjang dari tahap mentah sampai siap pakai memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Tak jauh beda dengan produksi batu cincin.

Nah, mari kita mulai langkah aplikasi marmer pada rumah Anda. Dimulai dari tahap memilih, ada tiga hal yang patut diperhatikan. Yang pertama ialah kandungan unsur materialnya harus seimbang. Biasanya produsen berani melakukan uji teknis terhadap produk tersebut.

Langkah kedua dengan memperhatikan teksturnya. Marmer dengan tekstur natural lebih eksklusif dibandingkan hand made. Adapun langkah ketiga bisa dengan melihat keretakan yang ditimbulkan. Cara ini gampang, Anda hanya perlu melihat tampilan permukaannya, bisa kan? Untuk pilihan marmer lokal, banyak yang sudah pantas dijadikan material lantai Anda. Selain harga yang lebih murah dibandingkan marmer impor, buatan lokal juga cenderung lebih natural. Tidak terlalu banyak terkena sentuhan manusia dalam hal desainnya.

Marmer Lampung misalnya. Jenis ini punya warna dasar abuabu mengilap, urat berwarna putih dan abu-abu kehitaman. Tampilannya halus tanpa lubang, transparan, keras, dan merupakan jenis marmer kristalin. Kemudian marmer Ujung Pandang, warnanya krem agak putih (beige), urat berwarna putih dan merah muda, keras, juga mengkilap. Sedangkan marmer warna krem berasal dari TulungAgung, disertai urat berwarna merah serta bercak kecokelatan. Karakternya tidak jauh beda dengan buatan daerah lain, yaitu keras dan mengilap. Berikutnya marmer asal Bandung. Warnanya sama dengan marmer Tulungagung, hanya dia memiliki urat dasar kekuningan dan biru. Yang terakhir dari Poso. Marmer asal daerah timur Indonesia ini sedikit unik dengan warna agak kehijauan selain yang krem. Urat berwarna putih serta merupakan marmer kristalin yang berkarakter getas. Jenis ini tidak terlalu banyak di pasaran.

Selanjutnya, yang perlu Anda ketahui adalah marmer diproduksi dalam kategori cutting size dan random slab. Menurut arsitek dan desainer interior asal Yogyakarta, Rina Elandra, cutting size merupakan jenis dengan ukuran paten yang dibuat produsen. Sementara yang dimaksud dengan random slab adalah jenis lembaran dalam ukuran yang tidak kecil, sehingga saat hendak dipasang (dan Anda ingin ukuran tertentu), maka jenis random slab harus dipotong-potong terlebih dahulu oleh produsen atau Anda sendiri. Risikonya adalah terdapat sisa potongan yang tak terpakai dan tidak sesuai ukuran yang ingin digunakan. Repot bukan?

Namun, jangan kaget kalau kedua jenis marmer ini justru punya harga yang berbeda jika dibeli dari lokal atau impor. Untuk marmer lokal, jenis cutting justru lebih murah dibandingkan slab. Sementara untuk jenis impor malah sebaliknya, cutting lebih mahal dibandingkan slab.

Hal selanjutnya adalah jenis marmer berdasarkan finishing produk. Ada empat penggolongan, yaitu polished, unpolished, honed, dan hammer.

Polished adalah marmer yang sudah melewati proses pemolesan, beda dengan unpolished yang tidak dipoles, sehingga terlihat agak kusam. Sedangkan honed dimaksudkan pada marmer yang sudah mengalami proses pemolesan, namun tidak maksimal. ”Jadi seperti belum dipoles, tapi sebenarnya sudah,” kata Rina Elandra.

Berikutnya, hammer yang berarti telah dicacah untuk membentuk tekstur tertentu. Namun, jika Anda ingin mengubah tekstur asli, maka bisa dilakukan dengan memesan secara khusus. Beberapa produsen menyebutnya antique, yaitu marmer yang diubah teksturnya, namun urat dan warnanya tetap sama seperti yang asli.

 

source

Posted in Uncategorized | Tagged | Comments Off